RT/RW Net ( Jaringan Internet se RW)

Untuk membangun RT/RW-net sendiri, kita perlu melakukan beberapa hal berikut ini:
1. membeli perangkat2 wireless berikut :
- 1 unit omni 2.4 GHz 15 dB (sekitar 1 jt) atau perangkat antena sejenisnya
- 1 unit mikrotik RB 411A dengan 1 unit Minipci dengan harga kira2 1,7 jt
- kabel UTP cat-5 secukupnya (kalau 1 box 300 meter harganya 900 rb-an)
- Total : kira-kira 3,6 jt

2. Kalau kita jualan internet pakai SPEEDY, maka kita perlu hal-hal berikut :
- 1 modem DSL : harga kira2 300 - 800 rb tergantung merk dan tipe
- langganan Speedy unlimited : 850 rb sebulan sudah termasuk pajak

3. Tapi kalau kita langganan Internet dari ISP local, maka yang kita perlukan adalah :
- 1 unit GRID 2.4 GHz seharga 500 rb-an
- 1 unit RB 411A seperti nomor (1) seharga 1,7 jt atau sekalian dijadikan 1 unit RB 433 dengan 2 MiniPCI seharga kira-kira 2,7 jt (jadi tidak perlu beli 3,4 jt)
- biaya langganan bulanan ke ISP, untuk bandwidth 128 kbps di Surabaya harganya sekitaran 3,5 jt / bulan atau bisa jadi hanya seharga 2,5 jt-an di Jakarta. Tiap kota bisa jadi berbeda harganya

Untuk nomor 2 dan 3 hanya dipilih salah satu yang dipakai.

4. Kebutuhan fisik lainnya :
- tower untuk antena : tinggi minimal 12m (kalau tidak terhalang bangunan tinggi) biayanya kira2 3 jt-an sudah termasuk bahan berupa pipa ledeng dan ongkos tukang (di Surabaya lho ya). Tapi kalau pakai triangle harganya 12m x 350 rb = 4,2 jt-an.

5. Kalau kita tidak bicara izin ISP, maka yang sudah ada ini sudah siap untuk beroperasi. Gampang khan?

6. Untuk disisi client, kita bisa punya banyak pilihan :
- langsung pakai notebook (kalau rumahnya deket <50m) : tidak perlu beli lagi
- pakai USB + antena luar untuk jarak < 1 km : harganya kira-2 500rb-an
- pakai grid + radio indoor : jarak 1-2 km : harganya kira-kira 1,3 jt-an
- pakai grid + mikrotik RB 411A : jarak 2-4 km : harga kira2 2,2 jt-an

7. Untuk security, pakai saja sistem prabayar. User mendapat loginname dan password setelah bayar. Mengaturnya gampang, pakai mikrotik RB 433 atau RB 411A yang di nomor (1) tadi, di setting hotspot dan diatur limitting untuk usernya :
- user bisa dilimit sesuai quota byte
- user bisa dilimit sesuai jam yang dibeli
- user bisa unlimited
Kalau nggak bisa melakukan settingnya, panggil orang untuk setting. Paling mahal setting semacam ini bisa dihargai sekitar 500rb - 1 jt. Tapi kalau misalnya minta lebih, ya siapa tahu ada bonusnya hehehe...

8. Jangan menjalankan WEP atau WPA atau sejenisnya kalau tidak ingin performanya menurun. Atau malah boleh pasang PC dengan menginstall IPCOP atau proxy lain yang sejenis untuk menambah performa.

Sudah deh... siap beroperasi RT/RW-netnya. Kalau misalnya ternyata masih ada yang kurang jelas, kita obrolkan di sini. Semoga berguna.

Terima kasih


Kebanyakan kita membayangkan RT/RW-net adalah usaha yang 'gampang' dengan modal yang kecil. Yang benar adalah usaha yang kecil modalnya tapi harus lincah dalam berpikir.

Saya ingin sharing konsep RT/RW-net yang lebih kepada komunitas dan bukan pure bisnis. Yang mau pure bisnis, silakan mengembangkan bisnis ISP saja.

1) Dana. Dari tulisan saya yang lalu, paling tidak kita perlu dana 3,6 jt untuk BASE. Kalau tower menggunakan pipa ledeng 12 meter yang dipasang sendiri dengan biaya 1,4 jt termasuk bahan, maka total modal 5 jt.

2) Pada kondisi ini kita sudah bisa melayani rumah2 pada jarak 50m dari tower kita. Kalau di perumahan tipe 36/40 bisa melayani kurang lebih 10 rumah disekeliling.

3) Untuk jarak yang lebih jauh, sarankan menggunakan USB dipasang diluar yang juga sudah saya jelaskan di tulisan terdahulu.

4) Berapa mereka harus bayar?
Nah, ini masalah yang paling MENENTUKAN!
Dalam konsep komunitas, saya rasa Rp. 100.000,-/bln adalah angka yang masuk akal. Masih dilengkapi angka pilihan lain misalnya 50rb atau 75rb untuk paket yang limited time. Bahkan buatkan yang seru misalnya 30 rb.

5) Agar lebih afdol, kontak Pak RT/RW setempat dan sampaikan ide kita membangun "kampung cyber" dan kita yang membiayai investasi awalnya. Jadi RT/RW cukup mendukung dengan membantu menginformasikan ke warga. Pendaftaran, libatkan pengurus RT untuk menerima pendaftaran pelanggan baru.

6) Benefit untuk RT/RW adalah sharingkan penghasilan. Sharing ini dipergunakan untuk membangun fasilitas umum seperti penerangan, atau bahkan komputer untuk akses internet bersama. Untuk menggunakan cukup bayar misalnya 1000 rupiah/jam. Hasilnya sekali lagi disharing untuk mengembangkan RT/RW juga.

Nah, hal yang paling penting untuk mewujudkan itu semua tentu saja adalah BANDWITDH. Bagaimana kita bisa mendapatkan bandwidth untuk melakukan hal ini? Speedy saja unlimited 750 rb/bulan. Penghasilan kita bisa tekor kalau seperti ini. Bagaimana caranya?

Ajak kerjasama ISP untuk membantu. Saya rasa cukup banyak ISP yang peduli dan mau mewujudkan konsep semacam ini. Toh mereka tidak terbebani dengan investasi perangkat, tapi cukup membagikan bandwidth.

Apa benefitnya bagi ISP?

Kalau kita menganggap komposisi sharing 33% untuk masing2 pihak (RT/ISP/Investor) maka kita bisa melihat gambaran besarnya untuk ISP semacam ini :

Misalnya dalam 1 kota terdapat 20 RT/RW-net yang bekerja sama dan masing2 RT/RW-net punya 20 pelanggan 100rb (saya mengesampingkan penghasilan yang lain-lain). Artinya dari masing2 RT mendapat penghasilan 2 jt rupiah dan nilai sharingnya sebesar 660 rb. Total dari 20 RT/RW-net didapat pemasukan Rp. 13.200.000,-

Berapa bandwidth yang bisa disediakan dengan uang sebesar itu? Kira-kira bisa 1 Mbps lebih untuk level kota seperti Surabaya.

Padahal dari pengalaman selama ini, pemakai paling hanya sekitar 30% dari total pelanggan. Artinya dari 400 orang, mungkin yang menggunakan hanya 120 orang. Bandwidthnya bisa lebih dari 1 mega lho... Everyone happy karena murah tapi mustinya semua orang juga sadar bahwa ini adalah komunitas dan bukan bisnis murni. Jadi komplainnya juga bukan seperti kelas bisnis.

ISP juga senang karena level complain juga lebih ringan, dari sisi pelanggan juga lebih happy karena murah, dari sisi investor... berjasa bagi bangsa dan negara.

Gimana? Ada yang mau mewujudkan?

0 comments:

Post a Comment

 
2011 AL-AKHTAR | Blogger Templates for Over 50 Chat Sponsors: Short People Club, Michigan Mechanical Engineer Jobs, California Dietitian Jobs